SAKLAR TUKAR

Saklar tukar adalah saklar yang yang dapat digunakan untuk menghidupkan dan mematikan lampu dari tempat yang berbeda. Instalasi saklar tukar adalah penggunaan dua buah saklar untuk meyalakan dan menghidupkan satu buah lampu dengan cara bergantian. Rangkaian instalasi penerangan yang menggunakan saklar tukar banyak dijumpai di hotel-hotel atau di rumah penginapan maupun di lorong-lorong yang panjang. Sehingga saklar tukar ini dikenal juga sebagai saklar hotel maupun saklar lorong. Tujuan dari penggunaan ini ialah untuk efisiensi waktu dan tenaga karena penggunaan saklar ini sangat praktis.

Dibawah ini adalah contoh rangkaian saklar tukar:

Prinsip kerja rangkaian di atas adalah, lampu akan menyala jika kedua saklar berada pada posisi yang sama, misal posisi saklar berada dibagian kontak atas semua atau kontak bawah semua. Dapat dilihat dari rangkaian diatas. Sedangkan lampu akan padam jika posisi saklar berbeda tempat, misal satu saklar berada di kontak atas dan satu lainnya di kontak bawah atau sebaliknya. Konsep inilah yang menyebabkan saklar bisa dihidupkan maupun dimatikan dari arah bergantian.

Tanggapan comentar:

Mungkin banyak yg ngerasa aneh dengan gambar diatas ttg penggambaran saklarnya, kok bagitu, kl saya sendiri sebenarnya dengan gambar ini sudah jelas, tp mungkin ada yg belum jelas sehingga takud menimbulkan salah presepsi. Untuk hubungan saklarnya yg saya maksud ada seperti barikut:

About these ads

15 comments on “SAKLAR TUKAR

  1. pak tolong tanya ,kalau pada gambar seperti ini ,saat sk2 saya matikan ,bagaimana lampu bisa hidup kalau saya switch dari sk1?

    • sebelumnya coba dilihat rangkaiannya lagi..
      pada rangkain kabel akan terhubung jika saklar terletak pada posisi yang sama, saklar posisi atas semua atau bawah semua. Misal lampu nyala ketika saklar dalam posisi atas semua, kemudian dimatikan lewat sk2(sk2 posisi duibah kebawah) maka lampu mati, dan ketika mau dihidupkan dari sk1 berarti kita menekan sk1 sehingga posisinya kebawah, sehingga sekarang posisi kedua saklar sama2 dibawah sehingga lampu nyala..

      Semoga membantu..

  2. Hahaha…barusan di rumah berdebat soal bisakah pasang dua saklar tuk satu lampu,,,makasihnya pak akhirnya sy menang taruhan dgn sdr2 sy krn sy blng bs tu,,,thx for rangkaianx…

  3. pak bisa gambarkan 2 titik lampu dengan 2 saklar tapi dengan teori salah satu lampu hidup dan yang satunya mati gimana gambanya pak ?

  4. maaf…minta penjelasan lebh jelas..pak…brrt kita harus narik kable power dua yaa..?? dari saklar1 ke saklar 2…lalu dari saklar 2 itu lagi kita tarik kabel power satu untuk fasa
    lampunyaa….gitu yaa pak….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s