Menulis Opini

Kegiatan menulis sangat penting karena dengan menulis kita dapat mengabadikan ilmu kita. Menulis adalah suatu kegiatan yang harus biasa dilakukan mahasiswa kerena nantiya akan banyak tugas menulis yang harus dikerjakan mahasiswa. Puncak dari tugas menulis mahasiswa adalah pembuatan skripsi.

Untuk melatih kemapuan menulis kita perlu membiasakan diri untuk menulis, dari menulis diary, membuat resume, atau mungkin menulis artikel untuk media. Masalah artikel untuk media disini memiliki kriteria khusus, tidak asal menulis, topiknya pun dipilih yang sedang hangat karena artikell ini nantinya akan diterbitkan untuk umum.

Berikut keragaman media dan artikel yang dimuat :(clikck ruang kosong dibawah ini)

Sedangkan jenis – jenis artikel yang biasa dimuat di media antara lain : (clikck ruang kosong dibawah ini)

Artikel opini sendiri memiliki pengertian karya tulis yang disusun untuk mengungkapkan pendapat penulis atas suatu fakta/data berdasarkan suatu argumentasi tertentu. Banyak orang yang menganggap opini termasuk bagian dari berita, padahal sebenarnya berbeda. Berita adalah Karya tulis yang disajikan untuk mengungkapkan fakta atau menjelaskan peristiwa apa adanya. Sejauh mungkin dihindari adanya opini/pendapat dari para juru warta. Dari sini jelaslah perbedaan antara opini dan berita.

Artikel opini sendiri jenisnya bermacam – macam. Jenis – jenis artikel opini adalah :

  • Deskripsi: Menjelaskan fakta apa adanya secara detail dan mengungkapkan karakteristik khas yang terkandung dalam setiap fakta tersebut.
  • Narasi: Menguraikan fakta secara kronologis/ spasiologis dan menyimpulkan maknanya.
  • Argumentasi: Menjelaskan fakta yang terjadi dan sebab-akibat yang ditimbulkan dari rangkaian fakta lain.

Langkah mudah untuk menulis suatu artikel opini pertama kita tentukan tema dari opini yang akan kita buat. Setelah itu kita cari pendapat apa yang ingin kita pertahankah atau kita ajukan dari tema yang telah kita miliki. Cari argument yang kuat untuk mempertahankan pendapat kita tadi. Susunlah pendapat dan argument kita tadi menurut format yang diinginkan, tambahkan pula pendapat dari para ahli. Kemudian berikan judul yang menarik dari opini yang telah Anda buat. Kemudian edit – editlah agar benar dan mantap.

Selamat mencoba menulis semoga sukses.

By harimgh Dikirimkan di Artikel

Tinggalkan komentar